JADI BEGINI CARA PEMERIKSAAN KOMPONEN ALTERNATOR
PEMERIKSAAN KOMPONEN ALTERNATOR
PEMERIKSAAN ROTOR COIL
1. PEMERIKSAAN SIRKUIT TERBUKA
Gunakan ohmmeter Dan periksa bahwa kawat kumparan terdapat hubungan, bila tidak ada hubungan kemungkinan kumparan putus atau rusak.
2. HUBUNGAN STATOR COIL GROUNDING
PEMERIKSAAN ROTOR COIL
1. PEMERIKSAAN SIRKUIT TERBUKA
Continuity
Gunakan ohmmeter,antara slip ring ada hubungan,
Tahanan standar:
- tanpa IC regulator (3,9 ohm - 4,1 ohm)
- dengan IC regulator : (2,8 ohm - 3,0 ohm)
2. HUBUNGAN ROTOR DENGAN MASSA (ROTOR GROUNDING)
No continuity
Gunakan ohmmeter untuk memeriksa hubungan antara slip ring dengan rotor tidak ada hubungan.
PEMERIKSAAN STATOR COIL
1. PEMERIKSAAN SIRKUIT TERBUKA
Continuity
2. HUBUNGAN STATOR COIL GROUNDING
No continuity
Gunakan ohmmeter Dan periksa bahwa antara kawat kumparan dengan stator core tidak ada hubungan.
PEMERIKSAAN DIODA ( RECTIFIER)
1. PERIKSA RECTIFIER POSITIF (+)
Gunakan ohmmeter Dan hubungkan salah satu probe (terminal penghubung kawat kumparan stator) dengan terminal positif dioda,balikan polaritas probe kemudian ulangi lagi langkah tersebut. Periksa bahwa salah satu menunjukan hubungan sedangkan yang lain tidak.
2. PERIKSA RECTIFIER NEGATIF(-)
Gunakan ohmmeter Dan hubungkan salah satu probe (terminal penghubung kawat kumparan stator) dengan terminal negatif dioda, balikan polaritas probe kemudian ulangi lagi langkah tersebut. Periksa bahwa salah satu menunjukan hubungan sedangkan yang lain tidak.
PEMERIKSAAN SIKAT KARBON (BRUSH)
Gunakan mistar untuk mengukur panjang sikat karbon yang terpasang
Panjang standar :
- tanpa IC regulator 12,5 mm (0,492 inch)
- dengan IC regulator 16,5 mm (0,650 inch)
- panjang minimum adalah 5,5 mm(0,217 inch)
Comments